Monday, November 11th, 2013
KafeBaga merupakan coffeeshop yang melayani konsumen dengan
menyediakan minuman dan makanan seperti kopi, teh, juice serta makanan
penutup dan makan siang ringan. Sebuah coffeeshop lokal bisa membangun
reputasi yang solid dalam komunitasnya, menarik konsumen loyal dengan
volume besar, dan juga konsumen harian lainnya. Pemasaran Kafebaga
membutuhkan kehalusan dan kelihaian yang lebih dibandingkan bisnis lokal
lain, bagaimanapun juga bisnis ini memberikan pengalaman sosial yang
sangat bergantung dengan iklan lisan dari mulut ke mulut, dan undangan
pribadi dari konsumen yang sudah ada.
Rangkaian Pelayanan
Strategi pemasaran yang komprehensif dimulai dengan pengembangan produk
dan pelayanan. Kafebaga bisa mendapatkan keuntungan dari pengembangan
yang meluas dari paket pelayanan yang ramah kepada konsumen, karena
iklan lisan dari mulut ke mulut dapat menjadi cara yang efektif untuk
mengubah sekumpulan orang banyak menjadi konsumen setia.Misalnya,
pastikan untuk menyediakan WiFi gratis dan menginstal outlet listrik di
setiap meja untuk laptop konsumen. Mengadakan pertunjukan akustik,
stand-up comedy, kompetisi permainan kartu, pertandingan memasak dan
acara lainnya yang sesuai dengan keinginan komunitas yang menjadi target
pasar. Jika sudah ada lebih dari satu coffeeshop di sekitar lokasi
Kafebaga, maka harus dipastikan untuk menawarkan sesuatu yang tidak
ditawarkan coffeeshop lain tersebut, sehingga konsumen mau mengajak
teman-teman mereka untuk melihat perbedaan itu.
Program Loyalitas Konsumen
Program loyalitas konsumen merupakan suatu keharusan untuk Kafebaga.
Program ini bisa dilakukan secara sederhana dengan memberikan kartu
stiker dengan janji kepada pemegang kartu bisa memperoleh minuman
gratis. Program ini dapat membuat konsumen produk minuman di Kafebaga
tertarik.Mempertimbangkan untuk membuat program insentif ke tingkat
selanjutnya agar bisa mengalahkan para pesaing. Membuat sistem yang
lebih mendalam untuk melacak total pembelian setiap konsumen, misalnya
dengan memberikan produk gratis dari beberapa jenis produk, ketika
konsumen sudah mencapai jumlah pembelian tertentu.
Iklan di lokasi Kafebaga
Iklan yang diletakkan di lokasi juga menjadi satu keharusan untuk
Kafebaga. Semua coffeeshop harus memiliki pemandangan yang sesuai
keberadaannya. Kafebaga lokasi Eka Surya 35H merupakan coffeeshop dan
cafe dengan konsep outdoor, maka seharusnya menjaga kenyamanan
lingkungan tetap nyaman, memilih musik yang sesuai untuk konsumen yang
menginginkan ketenangan dengan suasana taman, dan memberikan pencahayaan
yang sesuai. Selain itu karena lokasinya di pinggir jalan, maka harus
diatur papan nama Kafebaga, sehingga calon konsumen dapat melihat
keberadaannya. Memasang banner dan spanduk yang menunjukkan kelebihan
produk dan pelayanan yang disediakan Kafebaga tetapi tidak mengganggu
konsep outdoor yang ada.
Iklan promosi
Gunakan promosi iklan dan penjualan secara bersamaan dari waktu ke waktu
untuk mendorong datangnya konsumen baru ke Kafebaga. Misalnya,
menyebarkan kupon melalui media cetak surat kabar. Selain itu juga
penggunaan media sosial dengan menyebarkan kupon di Facebook, Twitter,
Path atau menggunakan layanan seperti Groupon untuk mendistribusikan
kupon kepada pengguna internet di sekitar lokasi Kafebaga merupakan cara
yang sangat efektif.
No comments:
Post a Comment